Pengobatan Alami Menyembuhkan Tumit Pecah-pecah (Tumit Retak)



Tumit retak bukan hanya menjadi masalah kecantikan saja tapi juga bisa sangat menyakitkan. Dengan segera mengambil tindakan pencegahan yang tepat akan mencegah dari keretakan yang lebih dalam dan menyebabkan perdarahan dan nyeri.

Beberapa penyebab tumit pecah-pecah adalah udara kering, kurangnya kelembaban, perawatan kaki yang tidak tepat, diet yang tidak sehat dan memakai jenis sepatu yang salah.

Ada beberapa solusi alami untuk tumit pecah-pecah yang dapat Anda coba. Berikut adalah obat alami untuk tumit pecah-pecah.

1. Minyak Sayur
Berbagai minyak nabati dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah tumit pecah-pecah. Minyak zaitun, minyak wijen, minyak kelapa atau minyak sayur bisa Anda gunakan. Untuk hasil terbaik, gunakan obat ini sebelum tidur agar minyak mempunyai waktu yang cukup menembus kulit Anda.

- Pertama menggosok kaki Anda dengan batu apung dan mencuci secara menyeluruh. Oleskan minyak sayur pada tumit dan telapak kaki.
- Memakai sepasang kaus kaki bersih dan bawalah untuk tidur. Di pagi hari, tumit akan terasa lebih lembut.
- Ulangi ini selama beberapa hari sampai retak di tumit Anda hilang sepenuhnya.

2. Tepung Beras
Pengelupasan kulit pada kaki dan tumit Anda akan membantu menghilangkan kulit mati dari kekeringan dan retak. Tepung beras dapat digunakan sebagai scrub pengelupasan buatan sendiri.

- Untuk membuat scrub, campurkan segenggam beras dengan beberapa sendok makan cuka sari apel dan madu. Aduk sampai menjadi pasta kental. Jika retak pada tumit Anda sangat buruk, tambahkan satu sendok makan minyak zaitun atau minyak almond.
- Rendam kaki Anda dalam air hangat selama 10 menit dan kemudian dengan lembut menggosok dengan pasta tepung beras tadi.



4. Lemon
Kandungan asam pada lemon sangat efektif dalam mengurangi kulit kasar yang dapat menyebabkan retak.

- Terapkan jus lemon langsung pada kulit kasar. Atau, Anda dapat merendam kaki Anda selama 10 sampai 15 menit dalam air hangat dengan jus lemon yang ditambahkan ke dalamnya. Hindari menggunakan air yang sangat panas, yang bisa menyebabkan kaki Anda lebih kering.
- Cuci kaki Anda dengan menggunakan batu apung dan sabun, dan tepuk-tepuk kaki Anda hingga kering dengan handuk.

5. Air Mawar dan Gliserin
Kombinasi gliserin dan air mawar dapat menjadi pengobatan alami yang efektif untuk tumit pecah-pecah. Gliserin melembutkan kulit, inilah mengapa banyak digunakan dalam kosmetik. Air mawar menambahkan vitamin A, B3, C, D, dan E serta antibakteri dan antiseptik. Cukup campurkan dalam jumlah yang sama antara gliserin dan air mawar secara menyeluruh dan gosokkan pada tumit dan kaki setiap hari sebelum tidur di malam hari.

6. Pisang
Pisang matang adalah salah satu pengobatan alami yang paling murah untuk tumit retak dan kering.

- Hancurkan satu buah pisang matang menjadi pasta halus. Bersihkan kaki Anda secara menyeluruh dan menerapkan pasta pisang di kaki Anda.
- Biarkan selama 10 sampai 15 menit sehingga kulit Anda dapat menyerap nutrisi alami. Kemudian cuci kaki Anda dengan air hangat dan kemudian rendam kaki Anda dalam air dingin selama beberapa waktu.
- Lakukan ini setiap hari selama beberapa minggu untuk memulihkan tumit Anda.

7. Madu
Madu memiliki sifat pelembab dan sifat antibakteri, sehingga sangat baik untuk digunakan pada tumit kering dan pecah-pecah.

- Aduk satu cangkir madu kedalam setengah baskom air hangat.
- Rendam kaki Anda dalam air selama 15 sampai 20 menit.
- Gosok kaki Anda dengan lembut.

8. Air Garam Hangat
Jika tumit Anda telah retak, penting untuk berhati-hati dan menjaga tumit Anda tetap lembab.

- Manjakan kaki Anda dengan merendam dalam air garam hangat setidaknya 10 sampai 15 menit. Kemudian meletakkan kaki Anda dalam air dingin, yang akan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kaki Anda dan mengurangi rasa sakit.
- Tepuk-tepuk kaki Anda hingga kering dan menerapkan beberapa krim kaki atau petroleum jelly untuk mengunci kelembaban. Untuk hasil terbaik, memakai sepasang kaus kaki agar tetap lembab.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Pengobatan Alami Menyembuhkan Tumit Pecah-pecah (Tumit Retak)"

Posting Komentar