Payudara Anda Nyeri? Inilah Cara Mengatasi Payudara Nyeri (Mastalgia)



Nyeri payudara, dikenal juga dengan sebutan Mastalgia, merupakan keluhan yang sering terjadi di kalangan wanita, terutama selama siklus menstruasi. Menurut California Pacific Medical Center, nyeri payudara mempengaruhi 50 sampai 70 persen wanita.

Diantara tanda-tanda Mastalgia adalah rasa sakit yang menusuk, payudara terasa berat, nyeri, dan pembengkakan di kedua payudara. Rasa sakit yang dialami bisa ringan bisa juga sampai parah dan terjadi terus-menerus atau hanya kadang-kadang.

Cara menyembuhkan nyeri payudara
Nyeri payudara dapat diklasifikasikan ke dalam dua pola klinis utama, yakni:

- Cyclical- perubahan intensitas nyeri selama siklus menstruasi.
- Non-cyclical - rasa sakit tetap tidak berubah selama siklus menstruasi. Tipe ini lebih jarang.

Nyeri payudara cyclical terjadi karena perubahan hormon selama siklus menstruasi. Di sisi lain, nyeri payudara non-cyclical dikaitkan dengan isu-isu yang mempengaruhi struktur payudara, seperti kista, trauma, operasi sebelumnya atau faktor lainnya.

Untuk penyebab lain dari nyeri payudara seperti ketidakseimbangan asam lemak dalam sel-sel payudara, penggunaan obat tertentu, memiliki payudara besar, menyusui dan memakai bra yang tidak sesuai.

Untuk nyeri payudara yang terjadi sebelum atau selama siklus menstruasi, beberapa pengobatan alternatif (pengobatan tradisional) dapat membantu meringankan rasa sakit dan nyeri. Sedangkan untuk nyeri yang berlangsung selama berhari-hari dan terjadi dalam satu area tertentu di payudara Anda, sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter yang tepat.

Berikut adalah beberapa cara tradisional dalam mengatasi rasa sakit di payudara.

1. Dengan Pemijatan
Memijat sendiri payudara akan membantu mengurangi peradangan serta meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini akan membantu menjaga jaringan payudara sehat dan lebih banyak nutrisi akan mencapai payudara untuk mencegah rasa sakit dan nyeri.

Ketika Anda berada di kamar mandi, sabun-lah payudara Anda dan kemudian dengan lembut memijat selama beberapa menit dari pusat dada Anda ke ketiak Anda. Jika Anda sedang kondisi menyusui, jangan sabun dari area puting.

Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak kamper 2 sendok makan minyak zaitun hangat dan menggunakannya untuk memijat payudara 1 atau 2 kali sehari.

Sedanhkan opsi lainnya adalah dengan mencampur jumlah yang sama sama minyak aprikot dan minyak gandum dan kemudian menggunakannya sebagai minyak pijat untuk payudara.

2. Kompres Es
Anda dapat menggunakan kompres es. Suhu dingin akan membuat mati rasa daerah yang sakit serta mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

- Tempatkan beberapa es batu dalam kantong plastik, dan bungkus dengan kain lap.
- Terapkan es ini untuk masing-masing payudara Anda selama sekitar 10 menit.
- Ulangi beberapa kali sehari sampai Anda merasa lebih baik.

Perhatian: Jangan gunakan es langsung pada payudara Anda.

3. Chasteberry
Ramuan Chasteberry juga dapat digunakan untuk mengobati Mastalgia dan gejala lain dari PMS. Tanaman ini memiliki efek positif pada kelenjar pituitari untuk menekan pelepasan prolaktin, hormon yang bertanggung jawab untuk gejala PMS.

Dosis umum dari ekstrak Chasteberry kering adalah 20 mg, 1 sampai 3 kali sehari.

Anda juga dapat mengambil Chasteberry sebagai ekstrak cair. Tambahkan 40 tetes ke segelas air dan meminumnya sekali di pagi hari.

Ikuti salah satu dari obat ini selama minimal 3 bulan. Seperti dengan semua suplemen, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

(Baca Juga: Penyebab Sering Kentut Setelah Makan)

4. Munyak Evening Primrose
Salah satu pengobatan terbaik untuk nyeri payudara adalah minyak evening primrose. Minyak ini mengandung asam aktif gamolenic (GLA), sejenis asam lemak yang membantu respon tubuh dengan baik dalam perubahan hormonal. Hal ini pada gilirannya akan mengurangi nyeri payudara.

Oleskan minyak evening primrose eksternal pada payudara Anda dan pijat dengan lembut selama beberapa menit.

Cara lainnya adalah dengan mengambil 240-500 mg minyak evening primrose ekstrak standar setiap hari selama sekitar 3 bulan, tetapi hanya setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Perhatian: Jika Anda sedang dalam rencana untuk hamil atau jika Anda memiliki epilepsi, hindari penggunaan minyak evening primrose ini.

5. Minyak Castol
Minyak Kastrol atau minyak jarak mengandung asam risinoleat, yang memiliki analgesik dan anti-inflamasi sifat yang sangat membantu mengurangi rasa sakit payudara. Hal ini juga meningkatkan sirkulasi, sehingga nutrisi mencapai sel, dan produk-produk limbah dan faktor inflamasi dapat dikeluarkan dari tubuh.

Campurkan 1 sendok makan minyak jarak dengan 2 sendok minyak zaitun.
Gunakan untuk memijat seluruh payudara Anda.
Ikuti obat ini setiap hari dalam seminggu sebelum menstruasi.
(sumber:Homeremedies)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Payudara Anda Nyeri? Inilah Cara Mengatasi Payudara Nyeri (Mastalgia)"

Posting Komentar