3 Cara Mudah dan Terbaik Meningkatkan Imunitas Pada Anak Anda



Tahukah Anda bahwa anak Anda akan selalu terkena berbagai macam sumber penyakit seperti parasit, jamur, virus bakteri. Namun bukan berarti anak Anda langsung sakit, dengan sistem kekebalan tubuh (imunitas) yang kuat, maka mereka sanggup melawan penyakit dengan cara alami.

Tapi jika anak Anda sering terkena pilek, infeksi telinga, flu, sakit perut dan gangguan kesehatan lainnya, maka ada yang salah dengan sistem kekebalan tubuh pada anak Anda. Bisa jadi imunitas mereka sangat kurang.

Untuk itu Anda harus selalu memperingatkan pada anak agar selalu hidup sehat, menjaga pola makan yang sehat. Tapi Anda sedang menghadapi seorang anak, bukan orang dewasa. Mereka bandel dan susah diatur.


Berikut ini cara yang bisa Anda coba untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak, diambil dari laman HomeRemedies

  • Berikan ASI
  • Jika anak Anda masih menyusui, selalu utamakan ASI daripada susu kaleng.

    Sebuah studi tahun 2002 oleh peneliti Australia menemukan bahwa menyusui memiliki pengaruh positif pada pengembangan sistem kekebalan tubuh bayi. Faktor-faktor dalam ASI juga mempromosikan pematangan mukosa gastrointestinal dan mengubah mikroflora usus yang mempengaruhi perkembangan sistem kekebalan tubuh.

  • Berikan porsi lebih banyak untuk buah-buahan dan sayuran segar
  • Diet sehat merupakan dasar dari sistem kekebalan tubuh yang baik, utamakan dalam memperhatikan apa yang anak Anda makan. Tingkatkan kekebalan tubuh pada anak Anda dengan buah-buahan dan sayuran seperti apel, wortel, ubi jalar, kacang-kacangan, brokoli, kiwi, melon, jeruk, dan strober.

    Kacang-kacangan, biji-bijian, dan makanan lain yang kaya vitamin A, B2, B6, dan C, seng, selenium, dan asam lemak esensial juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

    Hindari makanan anak olahan  dan sarat dengan gula, seperti cookies, kotak sereal  dan soda.

  • Pastikan anak Anda mendapatkan tidur yang lelap
  • Istirahat dan tidur sangat penting dalam pertumbuhan anak. Kurang tidur akan membuat anak rentan terhadap penyakit. Sebuah studi yang diterbitkan di tahun 2012 oleh Pflügers Archiv European Journal of Physiology menemukan bahwa tidur memberikan pengaruh regulasi yang kuat pada imunitas.

    Bayi baru lahir membutuhkan hingga 18 jam tidur per hari. Anak-anak lain membutuhkan antara 10 sampai 14 jam tidur per hari, tergantung pada usia mereka. Seiring dengan durasi, kualitas tidur juga penting.

    Ubahlah kamar tidur anak Anda menjadi surga tidur dengan menjaganya agar tetap gelap dan berventilasi di malam hari. Tidur di kegelapan dapat meningkatkan produksi hormon melatonin yang juga bertindak sebagai antioksidan kuat. Selain itu, hindari semua perangkat elektronik serta permainan di kamar tidur anak Anda.

Anak adalah segalanya bagi orang tua. Mempunyai anak yang sehat dan cerdas adalah keingian kita semua. Anda dapat menunjukkan rasa sayang pada anak dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara diatas.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Cara Mudah dan Terbaik Meningkatkan Imunitas Pada Anak Anda"

Posting Komentar