3 Cara Unik Fandom K-Pop Tunjukkan Cinta Pada Idol



Fandom idol Kpop memang beda dengan fandom lainnya. Mereka sangat berdedikasi, mendukung dan bersedia menghabiskan cukup banyak uang untuk para entertainer yang dicintainya.

Member fandom Kpop biasanya terdiri dari para fans yang sangat loyal dan royal.
Para fans super ini dalam mencintai idolanya melebihi standar umum. Mereka dengan konsisten mengikuti akun sosial sang idola, membrikan poling pada program musik, membeli banyak merchandise, mengirim surat penggemar bahkan mengantri sampai berjam-jam demi ketemu bintang idola.

Fenomena royal penggemar dalam membuktikan kecantikan untuk idola yang sudah melebih batas, memaksa beberapa agensi membatasi hadiah yang dapat diterima oleh artis. Namun larangan ini pula yang membuat fans menemukan cara baru yang kreatif untuk mengekspresikan cinta abadi mereka.

1. Membayar iklan publik
Dari papan reklame kereta bawah tanah lokal di Seoul hingga balai Times Square New York, wajah para idola dapat dilihat di seluruh dunia. Tahun ini, Lisa Black Pink ditampilkan di beberapa papan reklame Times Square untuk ulang tahunnya yang ke-21, menambah daftar idola seperti Lay EXO, V BTS, dan Jimin yang juga telah meraskan hal serupa.
Untuk merayakan ulang tahun ke 10 SHINee, penggemar juga memasang gambar pada billboard besar di Times Square pada bulan Mei serta beberapa poster yang ditampilkan di kereta bawah tanah Seoul.

Mengetahui bahwa ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan dukungan dan berkontribusi pada upaya pemasaran pujaan mereka, penggemar sering juga membeli ruang iklan di surat kabar, bus, dan ruang publik.

Misalnya, fandom CNBLUE membayar iklan di bus kota Seoul hanya untuk mengucapkan selamat kepada grup tersebut atas rilis albumnya di tahun 2014.

Tidak ketinggalan pula Tzuyu TWICE dan Jackson GOT7 yang menerima perlakuan istimewa dari para penggemarnya, di hari ulang tahunnya, foto mereka terpampang di ruang publik. Bahkan Jackson menerima hadiah Hari Valentine yang sangat besar dari penggemar berupa pesan menyala di sisi salah satu menara terbesar di Cina Barat.

2. Berdonasi Atas Nama Idola
Semakin banyak fandom yang memilih untuk mendukung idola mereka dengan melakukan kegiatan amal, seperti memberikan sumbangan uang kepada badan amal sebagai cara merayakan ulang tahun idola favorit mereka.

Misalnya, pada tahun 2016, penggemar Hoya Infinite menyumbangkan 5 juta won ($ 4.430) kepada Love Snail, sebuah organisasi yang membantu orang-orang dengan gangguan pendengaran, untuk menghormati ulang tahun penyanyi.

Ada juga penggemar Jonghyun SHINEE dalam mengenang kematian sang idola dengan menyumbang dalam jumlah besar kepada oraganisasi LGBTQ Youth Centre Dding Dong.

Kemudian menjadi umum melihat penggemar menyumbangkan materi atas nama idola mereka. Setelah bencana feri Sewol pada tahun 2014, ARMI (sebutan fans BTS) cepat bertindak dan menyumbangkan persediaan darurat kepada para korban.

Para penggemar IU juga menyumbangkan beras dalam jumlah untuk merayakan ulang tahun penyanyi tersebut.
Selain itu, untuk menandai konser "Last Dance in Seoul" Big Bang, penggemar menyumbangkan ribuan ton beras, ramen, dan briket batubara yang segera didistribusikan ke tempat penampungan yang dipilih oleh kelompok tersebut.

3. Mengirim Makanan
Fans K-Pop juga dikenal sering mengirim makanan kepada idola sebagai rasa cinta mereka. Perlakuan ini yang paling populer di Korea, sehingga banyak perusahaan yang melihat ini sebagai lahan bisnis, terbukti banyaknya food truck yang dirancang khusus. Biasanya fans mengirimkan food truck untuk makan siang idola saat mereka syuting atau dikantor.
Tidak mau ketinggalan, para idola juga sering balik mengirimkan makan siang sebagai ucapan terima kasih kepada penggemar atas dukungan mereka. TWICE, B1A4, Mamamoo dan kelompok lain telah beberapa kali mengirim food truck kepada penggemar.

Sepertinya memang menyenangkan tergabung dalam sebuah fandom, asal tahu batasan. Apakah kamu juga tergabung dalam salah satu fandom Kpop? (sumber:kpopherald)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Cara Unik Fandom K-Pop Tunjukkan Cinta Pada Idol"

Posting Komentar