Selain Psy, 5 Idol K-Pop Ini Juga Teken Kontrak dengan Label Amerika



Menjadi terkenal tidak hanya didalam negeri tapi juga diluar negeri tentunya menjadi keingina sebagian besar artis pada umumnya. Tidak terkecuali para idol kpop.
Jika kita tengok kebelakang, di tahun 2009, kelompok Wonder Girls mendapatkan popularitas di Amerika setelah rilis lagu hitnya 'Nobody' dalam versi Inggris. Bersama boyband Amerika 'Jonas Brother', kelompok Wonder Girls pun berhasil keliling dunia.

Awalnya silang pasar Korea-Amerika sepertinya akan berjalan mulus, dan Wonder Girls banyak menerima penawaran promosi di Amerika Serikat. Namun komplikasi dengan kehidupan pribadi para anggota menyebabkan rilis album bahasa Inggris mereka menjadi berantakan.

Kemudian, penyanyi Korea, Psy, lewat "Gangnam Style" tiba-tiba menjadi viral di seluruh dunia dan video di Youtube-nya mencapai satu miliar penonton di tahun 2012. Meskipun sangat populer, namun sangat singkat dan tidak menjadikan Psy sebagai artis AS yang sukses.

Sulitnya idol K-Pop dalam menembus pasar Amerika tidak menyrutukan yang lainnya. Saat ini, masih ada artis Korea yang telah menandatangani kontrak dengan label AS dengan harapan bisa menembus pasar Barat.

1. Amber Liu
Idol K-pop yang paling baru bergabung dalam gerakan crossover AS adalah Amber Liu dari girlgroup f(x). Meskipun dia dibawah naungan label Korea, S.M. Entertainment, Pada bulan Juli, Amber juga telah teken kontrak dengan Steel Wool Entertainment di AS untuk mengejar arah baru dalam karier seninya.

Dalam sebuah wawancara, Amber sempat menyatakan bahwa dia berharap ini akan menjadi kesempatan baginya untuk berkolaborasi dengan beberapa artis AS favoritnya.

2. Tiffany Young
Tiffany yang mantan anggota Girls' Generation telah kembali ke negara asalnya di California untuk mengejar debut solo AS.
Dengan mengusung nama panggung Tiffany Young, penyanyi ini meninggalkan agensi Korea, S.M. Entertainment untuk teken kontrak dengan Paradigm Talent Agency, agensi yang juga menaungi sesama idol Korea, Eric Nam. Single debut Tiffany Young "Over My Skin" dirilis pada 28 Juni tahun ini.

3. Jay Park

Dengan kemampuannya sebagai artis hip-hop, R&B dan K-pop, Jay Park yang berdarah Korea-Amerika ini bersiap untuk debut di AS.

Memasuki industri hiburan Korea sebagai anggota boygroup 2PM di bawah JYP Entertainment, Jay Park akhirnya mencapai status di mana ia mampu mendirikan label sendiri AOMG dan H1GHER.

Dengan harapan bisa mengcopy kesuksesan serupa di AS, ia menandatangani kontrak dengan Roc Nation tahun lalu sebagai orang Asia-Amerika pertama yang bergabung dengan label bergengsi itu. Sejak itu, ia telah berkolaborasi dengan artis-artis Amerika seperti 2Chainz dan Rich The Kid.

4. Eric Nam

Lahir dan dibesarkan di Atlanta, Georgia, Eric Nam pindah ke Korea setelah ditemukan dalam program audisi. Saat ini, Eric bernaung di bawah CJ E&M Music di Korea serta Paradigm Talent Agency.

Setelah mendapatkan status sebagai bintang populer di Korea, Eric merilis singel AS pertamanya “Into You” yang kolaborasi dengan KOLAJ pada tahun 2016. Selama Tur Amerika Utara terakhirnya, Atlanta dan New York City tiket terjual habis - sebuah prestasi yang diharapkan dapat berdampak positif terhadap album barunya "Honestly".

5. CL


Dikenal sebagai anggota yang berbakat dan paling berani di grup 2NE1 yang sekarang sudah bubar, CL saat ini menjalani tahun keempatnya bersama major label School Boy Entertainment. Dalam bisnis yang dijalankan oleh manajer terkenal Scooter Braun, CL menjadi mitra label dimana menaungi juga para selebritis seperti Justin Bieber dan The Black Eyed Peas serta artis K-pop Psy.

Tahuun 2016 single pertamanya di AS "Lifted" rilis, CL terus memantapkan diri untuk sukses di Amerika. Sedang di Korea, CL masih tetap dibawah nauangan YG Entertainment.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Selain Psy, 5 Idol K-Pop Ini Juga Teken Kontrak dengan Label Amerika"

Posting Komentar