Modus Ambil Alih Simcard Untuk Bajak Rekening Ibank



Kasus pembobolan rekening yang dialami wartawan senior Ilham Bintang ini menguak kejahatan pembobolan rekening yang bisa dibilang tersetruktur dan sistematis.

Menuntut kita utuk lebih waspada terhadap keamanan rekening.

Kalau saya sendiri, sebodo, apa yang mau digarong dari rekening orang yang menghadapi rokok naik aja udah ngeluh macam awak nih.

Dalam kasus pembobolan rekening Ilham, ada 8 tersangka yang sudah dibekuk Polda Metro Jaya.

Tersangka utama dalam kasus ini adalah Desar, tapi dalam kejahatan semacam ini sebetulnya yang paling berbahaya adalah Hendri, orang bank yg punya akses data nasabah.

Komplotan Pembobol Rekening dengan Menduplikat Simcard Korban

*DATA*
Desar mendapatkan data nasabah dari Hendri yang merupakan karyawan salah satu bank,

Hendri punya weweneng untuk mengakses Sistem Laporan Informasi Keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dimana SLIK OJK ini memuat data pribadi nasabah, dari nomor KTP, limit penarikan uang dalam rekening, sampai dengan data kartu kredit.

Oleh Hendrik, SLIK OJK tersebut dijual kepada orang-orang. Diantara pelanggannya adalah Desar.


*SIM CARD DAN KTP DUPLIKAT*
Setelah mendapatkan data, terpilihlah Ilham Bintang sebagai calon korban.

Aksipun dimulai dengan menduplikasi nomer telpon Ilham.
Saat Desar melakukan pengecekan, no HP Ilham mati alias tidak bisa dihubungi. Ketika itu kebetulan Ilham sedang berada diluar negeri.

HP dalam kondisi mati inilah yang dimanfaatkan Desar untuk menduplikasi simcard.
Desar kemudian memerintahkan orang-orangnya untuk mendatangi Gerai Indosat untuk klaim simcard.

Untuk mendapatkan fisik simcard baru di Gerai Indosat hanya dibutuhkan KTP.
Desar dan komplotan kemudian membuat KTP palsu atas nama Ilham, yang datanya tentu diambil dari SLIK OJK.

Modus klaim simcard ini akan lancar dengan syarat nomer yang dituju dalam keadaan mati. Kalau idup ya bakal ketahuan.


*BOBOL REKENING*
Setelah menduplikasi simcard, ditambah data superlengkap dari SLIK OJK, maka mengakses email dan akun rekening bukan perkara sulit. Misalnya, dengan nomer telpon aja, kamu sudah bisa reset email kok.

Pada kasus Ilham Bintang ini, dua rekening di bank berbeda berhasil dibobol. Masing-masing terkuras Rp.200 juta dan Rp. 83 juta.

Modus bobol internet banking model begini emang bikin was-was. Tapi kalau saldonya bulet-bulet doang dan gak pake ibank ya gak usah panik lah :D

By Alamsyah

Sumber: 
https://megapolitan.kompas.com/read/2020/02/05/13355011/kronologi-dan-peran-8-pelaku-pembobolan-rekening-ilham-bintang?page=all



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Modus Ambil Alih Simcard Untuk Bajak Rekening Ibank"

Posting Komentar