Rangkuman Novel Non Fiksi: Menjelajahi Fakta-fakta Menarik dari Dunia Nyata

Hello Readers, kali ini kita akan membahas rangkuman novel non fiksi yang sangat menarik untuk dibaca. Novel non fiksi adalah jenis buku yang berisi informasi faktual tentang suatu topik tertentu, seperti biografi, sejarah, atau ilmu pengetahuan. Nah, mari kita simak rangkuman novel non fiksi yang patut kamu baca!

1. Sapiens: A Brief History of Humankind karya Yuval Noah Harari

Buku ini membahas sejarah manusia dari awal mula kemunculan hingga saat ini. Penulisnya, Yuval Noah Harari, mengajak pembaca untuk melihat perjalanan manusia dari sudut pandang yang berbeda. Dalam buku ini, dia membahas mengenai revolusi-agraris hingga revolusi-teknologi yang mempengaruhi kehidupan manusia saat ini.

2. Shoe Dog karya Phil Knight

Buku ini adalah autobiografi dari pendiri Nike, Phil Knight. Dia menceritakan awal mula pendirian Nike dan bagaimana perusahaannya tumbuh menjadi salah satu merek olahraga terbesar di dunia. Buku ini juga membahas perjalanan hidup Phil Knight dan tantangan-tantangan yang dia hadapi dalam membangun bisnisnya.

3. The Immortal Life of Henrietta Lacks karya Rebecca Skloot

Buku ini membahas kisah nyata seorang wanita bernama Henrietta Lacks yang memiliki sel yang tak terbatas kemampuannya untuk bereplikasi. Sel-sel tersebut digunakan untuk penelitian medis dan menghasilkan banyak kemajuan di bidang kesehatan. Namun, Henrietta Lacks sendiri tidak pernah mengetahui bahwa sel-selnya digunakan untuk penelitian, dan keluarganya juga tidak pernah mendapatkan keuntungan dari penggunaan sel-sel tersebut.

4. Bad Blood: Secrets and Lies in a Silicon Valley Startup karya John Carreyrou

Buku ini mengungkapkan skandal di balik perusahaan bioteknologi bernama Theranos, yang didirikan oleh Elizabeth Holmes. Elizabeth Holmes mengklaim bahwa perusahaannya bisa melakukan tes darah dengan hanya menggunakan sedikit darah. Namun, hal tersebut ternyata tidak benar dan Theranos pun akhirnya bangkrut. Buku ini sangat menarik dan membuka mata kita tentang praktik-praktik curang di dunia bisnis.

5. Quiet: The Power of Introverts in a World That Can’t Stop Talking karya Susan Cain

Buku ini membahas mengenai kekuatan introvert dalam dunia yang lebih memfavoritkan ekstrovert. Penulisnya, Susan Cain, mengajak pembaca untuk menghargai keunikan setiap orang, terlepas dari sifat introvert atau ekstrovert. Buku ini juga memberikan banyak tips untuk meningkatkan kepercayaan diri bagi para introvert.

6. The 7 Habits of Highly Effective People karya Stephen Covey

Buku ini adalah buku tentang pengembangan diri yang sangat populer. Penulisnya, Stephen Covey, membahas tujuh kebiasaan yang bisa dilakukan oleh setiap orang untuk menjadi lebih efektif dalam kehidupan. Buku ini sangat inspiratif dan bisa membantu kita untuk mencapai tujuan hidup yang lebih jelas.

7. The New Jim Crow: Mass Incarceration in the Age of Colorblindness karya Michelle Alexander

Buku ini membahas mengenai sistem hukum Amerika Serikat yang dianggap diskriminatif terhadap orang kulit hitam. Penulisnya, Michelle Alexander, mengungkapkan fakta bahwa banyak orang kulit hitam yang dihukum lebih berat dan lebih sering dipenjara daripada orang kulit putih, meskipun mereka melakukan kesalahan yang sama. Buku ini sangat penting untuk dibaca, terutama di era yang semakin terbuka tentang isu rasisme.

8. Thinking, Fast and Slow karya Daniel Kahneman

Buku ini membahas mengenai dua sistem pemikiran manusia, yaitu pemikiran cepat dan pemikiran lambat. Penulisnya, Daniel Kahneman, mengajak pembaca untuk memahami bagaimana sistem pemikiran tersebut bekerja dan bagaimana kita bisa menggunakannya untuk membuat keputusan yang lebih baik. Buku ini sangat relevan untuk semua orang, terlepas dari profesi atau latar belakang.

9. The Power of Habit: Why We Do What We Do in Life and Business karya Charles Duhigg

Buku ini membahas mengenai kekuatan kebiasaan dan bagaimana kita bisa mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang lebih baik. Penulisnya, Charles Duhigg, memberikan banyak contoh dan penjelasan ilmiah tentang bagaimana kebiasaan dibentuk dan bagaimana kita bisa mengendalikannya. Buku ini sangat membantu bagi siapa saja yang ingin mencapai perubahan positif dalam hidupnya.

10. The Body Keeps the Score: Brain, Mind, and Body in the Healing of Trauma karya Bessel van der Kolk

Buku ini membahas mengenai trauma dan bagaimana dampaknya bisa terasa pada tubuh dan pikiran. Penulisnya, Bessel van der Kolk, memberikan banyak penjelasan ilmiah dan contoh kasus tentang dampak trauma dan bagaimana kita bisa mengatasinya. Buku ini sangat membantu bagi siapa saja yang pernah mengalami trauma atau ingin memahami lebih dalam tentang trauma.

Kesimpulan

Itulah beberapa rangkuman novel non fiksi yang patut kamu baca. Semua buku tersebut sangat menarik dan memberikan banyak informasi yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Selain itu, membaca buku non fiksi juga bisa membantu meningkatkan pengetahuan dan memperluas wawasan. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera baca dan nikmati buku-buku tersebut!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!